KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
- Tidak mampu melihat
- Tidak mampu mengenali pada jarak 6 m
- Kerusakan nyata pada kedua bola mata
- Sering meraba – raba / tersandung waktu berjalan
- Mengalami kesulitan mengambil benda kecil didekatnya.
- Bagian bola mata yang hitam berwarna keruh / bersisik/kering
- Pandangan hebat pada kedua bola mata
- Mata yang bergoyang terus
- Secara nyata tidak mampu dengar
- Terlambat perkembangan bahasa
- Sering menggunakan isyarat dalam berkomunikasi
- Kurang/ tidak tanggap bila diajak bicara
- Ucapan kata tidak jelas
- Kualitas suara aneh /monoton
- Sering memiringkan kepala dalam usaha mendengar
- Banyak perhatian terhadap getaran
- Keluar cairan nanah dari kedua telinga.
- Penampilan fisik tidak seimbang, misalnya kepala terlalu kecil / besar
- Tidak bisa mengurus diri sendiri sesuai usia
- Perkembangan bicara /bahasa terlambat
- Tidak ada/kurang sekali perhatiannya terhadap lingkungan (pandangan kosong)
- Koordinasi gerakan kurang (gerakan serina tidak terkendali0
- Sering keluar ludah (cairan) dari mulut (ngiler)
- Anak kembar sedunia (down syndrome)
- Anggota gerak tubuh kaku/lemah/lumpuh
- Kesulitan dalm gerak (tidak sempurna,tidak lentur/tidak terkendali)
- Terdapat bagian anggota gerak yang tidak lengkap/tidak sempurna/lebih kecil dari biasanya
- Terdapat cacat pada alat gerak
- Jari tangan kaku dan tidak dapat menggengam
- Kesulitan padasaat berdiri / berjalan /duduk dan menunjukkan sikap tubuh tidak normal
- Hiperaktif/tidak dapat tenang
- Rata – rata prestasi belajarnya selalu rendah ( kurang dari 6 )
- Dalam penyelesaian tugas – tugas akademik sering terlambat dibandingkan dengan teman seusianya
- Daya tangkap terhadap pelajaran terlambat
- Pernah tidak naik kelas
- Kesulitan belajar membaca / disleksia
- Kesulitan belajar menulis/ disgrafia
- Kesulitan belajar berhitung/ diskalkulia
- Sedang pada mata pelajaran lain mereka tidak mengalami kesulitan yang berarti.
- Perkembangan kemampuan membaca terlambat
- Kemampuan memahami isi bacaan rendah
- Kalau membaca sering terdapat kesalahan
- Kalau menyalin tulisan sering terlambat selesai
- Sering salah menulis huruf b dengan p, p dengan q, v dengan u, 2 dengan 5, 6 dengan 9 dsb
- Hasil tulisannya jelek dan tidak terbaca
- Tulisannya banyak salah/ terbalik/ada huruf yang hilang
- Sulit menulis dengan lurus pada kertas tak bergaris
- Sulit membedakan tanda – tanda +, _, < , >, =
- Sulit mengoperasikan hitungan/bilangan
- Sering salah membilang dengan urut
- Sering salah membedakan angka 9 dengan 6 17 dengan 71, 2 dengan 5 dsb
- Sulit membedakan bangun – bangun geometri
- Bisa membaca pada usia lebih dini
- Membaca lebih cepat dan benar
- Memiliki perbendaharaan kata yang luas
- Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat
- Memiliki minat yang luas, tanggap terhadap permasalahan orang dewasa
- Mempunyai inisiatif dan dapat bekerja sendiri
- Menunjukkan keaslian ( orisinl) dalam ungkapan verbal
- Member jawaban – jawaban yang baik
- Banyak memberikan gagasan – gagasan
- Luwes dalam berfikir
- Terbuka terhadap rangsangan dari lingkungan
- Memiliki pengamatan yang tajam
- Dapat berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang terutama terhadap tugas dan bidang yang diminati
- Berfikir kritis juga terhadap diri sendiri
- Senang mencoba dengan hal – hal yang baru
- Mempunyai daya abstraksi , konseptualitas dan sintesis yang tinggi
- Senang dan kegiatan intelektual dan pemecahan –pemecakan masalah
- Cepat menangkap hubungan sebab akibat
- Berperilaku terarah pada tujuan
- Mempunyai daya imajinasi yang kuat
- Mempunyai banyak kegemaran/hobi
- Mempunyai daya ingat yang kuat
- Tidak cepat puas dengan prestasinya
- Peka / sensitive serta menggunakan firasat / intuisi
- Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan
Komentar
Posting Komentar